Syari’ah – Ketentuan

Konsultasi Bunga Bank
Sumber : Syariahonline.com

 

Pertanyaan:


Saya mempunyai tabungan pada sebuah bank dengan sistem konvesional dengan maksud untuk mengatur keuangan saya dan untuk menerima gaji. Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan pada bunga bank tersebut ? apakah bisa saya bagikan ke pada orang yang membutuhkan ? Mohon bantuannya

Jawaban:

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Bunga bank konvensional secara umum telah disepakati keharamannya oleh jumhur ulama kontemporer. Sebab semua syarat riba dan ciri-cirinya memang terpenuhi dan tidak bisa dipisahkan.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan , maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat , maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak dianiaya.(QS.Al-Baqarah :278-279)

Lalu bagaimana memanfaatkan bunga bank konvensional tersebut? menurut sebagian ulama uang hasil bunga bank, tidak boleh disalurkan untuk hal-hal yang terkait dengan infaq dan sedekah. Sebab infak dan sedekah itu haruslah dengan harta yang baik dan halal. Tidak boleh dengan harta yang haram seperti hasil dari merampok, mencuri, membegal dan termasuk salah satunya adalah dari hasil bunga riba.

Uang itu juga tidak boleh dibakar atau dibuang ke laut, sebab pekerjaan itu adalah termasuk itlaf. Maka ada pendapat yang mengatakan bahwa uang itu dikembalikan kepada khalayak umum, tidak digunakan untuk orang dan komunitas tertentu. Seperti untuk biaya membangun jalan, jembatan, saluran air dan seterusnya.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab


Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: